Selamat Datang Blogger
Persiapan Mudik Hari Raya ~ Belajar Untuk Masa Depan

Selasa, Agustus 11, 2009

Persiapan Mudik Hari Raya

Hari Raya Lebaran sudah di depan mata, kurang lebih seminggu lagi kita akan merayakan pesta akbar kemenangan. Tentunya kita ingin menghabiskan waktu tersebut dengan berkumpul dengan saudara-saudara tercinta dan mengunjungi kampung halaman atau mudik. Agar kesan Lebaran tetap indah, jangan sampai perjalanan mudik kamu merusaknya.

Tetapkan jadwal mudik dengan keluarga.

Pastikan jadwal mudik tidak bentrok dengan jadwal libur sekolah / kantor kamu. Karena itu, sebaiknya dari jauh-jauh hari sebelumnya kamu sudah mengetahui jadwal libur untuk dapat menentukan tanggal keberangkatan dengan orang rumah serta berapa lama akan melakukan mudik. Pertimbangin juga lama perjalanan sehingga
...

Persiapkan transportasi yang akan digunakan.

Jika kamu akan mudik menggunakan transportasi umum, sebaiknya pesan tiket perjalanan dari jauh-jauh hari sebelumnya, biasanya dua minggu sebelum Hari Raya tiba. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket serta harga tiket yang melambung tinggi karena ulah calo.

Atau buat kamu akan menggunakan kendaran pribadi, sebaiknya persiapkan kendaraan dalam kondisi prima. Jika kamu cukup handal dalam urusan kendaraan, kamu dapat memeriksa sendiri keadaan kendaraan kamu. Tetapi jika kamu kurang mahir, tidak ada salahnya kamu membawa kendaraan kamu ke bengkel. Sedikit mahal untuk keselamatan sangatlah dianjurkan.

Kantong penuh berkah

Oke, bulan ini memang bulan yang penuh berkah, termasuk dengan urusan kantong karena mendapat kucuran dana dari orang tua dan juga kantor (THR). Banyaknya aktivitas dan kebutuhan serta mengusung tema Lebaran dapat membuat kamu lupa diri dengan pengeluaran. Karena itu, sebaiknya buatlah anggaran dana tentang pengeluaran mudik kamu. Sangatlah penting untuk tidak menggunakan semua uang kamu, karena Lebaran tahun ini jatuh pada awal bulan. Kamu tidak mau kan setelah Hari Raya simpanan keuangan kamu kosong melompong?!?!

Perjalanan yang membosankan.

Meskipun saat ini transportasi sudah serba cepat dan terjangkau, tetapi kadang kala, perjalanan mudik baik yang jauh maupun yang dekat sekalipun, dapat begitu membosankan. Karena itu, untuk menghilangkan kebosanan kamu, bawalah MP3 lengkap dengan koleksi lagu-lagu kesayangan kamu, portable game dengan game-game yang ringan serta majalah yang tidak harus baru tetapi sarat dengan isi. Selain itu, kamu juga dapat mengobrol dengan keluarga kamu ataupun dengan penumpang lain mengenai kejadian-kejadian yang sedang up-to-date misalnya. Mungkin aja dari sini kamu dapat kenalan baru dan siapa tau bisa terus berlanjut J

Make yourself comfortable.

Buatlah dirimu senyaman mungkin selama perjalanan, jangan sampai tujuan awalmu yang ingin merayakan kebahagian bersama dengan saudara di kampung halaman berubah menjadi nightmare karena alasan perjalanan yang kurang nyaman. Bawalah bantal kecil agar posisi dudukmu enak, ini juga untuk menghindari salah urat karena memaksakan beristirahat di tempat duduk yang keras. Atau jika kamu merasa badan kamu sudah sangat pegal, kamu dapat meregangkan otot-otot tubuhmu dengan menggerakkannya ke kiri dan kanan, atau berjalan-jalan di sepanjang koridor kendaraan umum. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat minggir sebentar di tempat-tempat peristirahatan atau di pom bensin-pom bensin yang terletak di pinggir kanan kiri jalan.

Jaga kondisi kesehatan.


Jika boleh dibilang, point ini yang paling penting dari segalanya karena jika kamu sakit, maka acara mudik yang telah dipersiapkan dengan matang sebelumnya akan hancur seketika. Jaga kondisi dan stamina kamu sebelum, saat Hari Raya dan setelah mudik. Jangan sampai karena terlalu antusias ingin bertemu sanak saudara, kesehatan jadi terbengkalai. Bawalah obat-obatan terutama untuk penyakit yang sering diderita dan siapkan pula penanganan praktis in case terjadi sesuatu.7.

Lepaskan beban pikiran sejenak !


Mudik berarti pula liburan. Karena itu, sebaiknya tinggalkan serta lupakan sejenak urusan-urusan dan juga pikiran berat yang mengganggu. Jangan sampai, tujuan kamu untuk berkumpul dengan saudara yang sudah lama tidak bertemu harus dialihkan karena urusan organisasi di kampus misalnya. Sebaiknya, kamu selesaikan dulu semua urusan sebelum mudik atau jika tidak ada waktu lagi, pendinglah dulu urusan tersebut hingga nanti kamu pulang lagi ke kota asal.

Ingat, persiapan adalah modal utama kamu. Karena itu, persiapkan segalanya dengan baik, Insya Allah mudik kamu pun akan lancar dan tanpa halangan berarti. Jadi, selamat mudik

0 komentar: